Iman perwira Romawi

0
13

SapaMendunia.com – Renungan Senin Pekan Adven I Tahun A
(Bacaan: 2:1-5 atau Yes 4:2-6; Mat 5:8-11)

Ayat Emas Menyapa: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel” (Mat 8:10).

Seorang perwira Romawi datang kepada Yesus. Ia datang dengan membawa sebuah berita. Beritanya adalah bahwa salah seorang hambanya sedang sakit lumpuh. Kondisinya sangat menderita atas sakitnya itu.

Perwira Romawi itu memohon kepada Yesus supaya Ia berkenan menyembuhkan dan melenyapkan penyakit hambanya itu. Yesus lantas menjawab bahwa Ia akan datang ke rumahnya. Tujuannya jelas untuk menolong hamba tersebut.

Namun perwira Romawi itu menyadari bahwa ia dan keluarganya sungguh tidak layak menerima Tuhan Yesus di rumahnya. Ia hanya memohon agar Yesus berkenan bersabda saja untuk hambanya itu. Dan melalui SabdaNya saja perwira ini yakin hambanya ini akan disembuhkan.

Yesus heran dengan sikap dari perwira Romawi ini. Ternyata ia seorang yang sangat rendah hati dan dengan penuh kesadaran akan ketidaklayakan menerima Tuhan di rumahnya. Dan satu hal lagi, ia ternyata seorang yang beriman. Ia yakin dengan SabdaNya saja, Tuhan Yesus dapat menunjukkan hal yang luar biasa kepada hambanya.

Oleh karena itu Tuhan Yesus memuji sikap dan iman perwira ini. Dan memang pada akhirnya, hamba dari perwira ini disembuhkan oleh Yesus. Iman perwira tersebut telah membawa dampak yang luar biasa.

Marilah kita selalu mengandalkan Tuhan Yesus dalam hidup kita. Sebab kita percaya bahwa Ia sungguh luar biasa. Kita percaya bahwa Ia akan sanggup melakukan segala-galanya.

Oleh: Pastor Ignatius F. Thomas, Pr
Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here