Jika kita bertahan, kita akan memperoleh hidup

0
8

Renungan Rabu Pekan XXXIV Thn C
(Dan 5:1-6,13-14; Luk 21:12-19)

Ayat Emas Menyapa: “Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu” (Luk 21:19).

Setiap orang yang mengikuti Yesus harus siap menerima konsekuensinya. Konsekuensi itu berupa salib hidup yang ia pikul dari pilihan tersebut. Salib ini dapat saja dalam bentuk penderitaan, penganiayaan, perlakuan diskriminatif, dan penolakan.

Yesus sendiri melalui bacaan Injil hari ini menegaskan tentang konsekuensi kemuridan tersebut kepada kita. Bahkan menurutNya, konsekuensi berupa penolakan bisa saja datang dari pihak keluarga. Namun Tuhan Yesus mengajak kita untuk tidak perlu kuatir dan takut.

Dalam situasi seperti itu, kita sebagai muridNya diminta untuk tetap bertahan. Sebab bagi Yesus hal ini menjadi kesempatan kita untuk memberikan kesaksian tentang Dia, tentang kasih Allah Bapa yang menyelamatkan. Ia menegaskan bahwa jika kita bertahan maka kita akan memperoleh hidup.

Semoga kita selalu setia memikul salib hidup kita setiap hari. Semoga kita selalu diberikan rahmat kekuatan dan tahan uji dalam mengikuti Tuhan Yesus, terutama di saat mengalami penderitaan, penganiayaan, perlakuan diskriminatif, dan penolakan. Dengan tetap setia kepadaNya niscaya kita akan memperoleh hidup bersama dengan Dia.

Oleh: Pastor Ignatius F. Thomas, Pr
Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here