Mari bertekun bersama Dia

0
30

SapaMendunia.com – Renungan Hari Kamis Pekan XXXIV Tahun C
(Bacaan: Dan 6:12-28; Luk 21:20-28)

Ayat Emas Menyapa: “Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatamu sudah dekat” (Luk 21:28).

Kedatangan kembali Tuhan Yesus untuk yang kedua kalinya di dunia merupakan suatu kepastian bagi kita. Kita percaya bahwa Ia akan datang kembali sebagai seorang hakim yang mengadili umat manusia. Sebagai seorang Pengadil, Ia akan mengadili umat manusia menurut perbuatannya. Ia akan mengadili dengan seadil-adilnya. Yang benar akan memperoleh keselamatan, sedangkan yang salah akan memperoleh kebinasaan.

Iman kita mengajarkan bahwa kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya ini terjadi pada akhir zaman. Persoalannya adalah kapan hal itu terjadi? Pertanyaan ini tidak akan mampu dijawab oleh akal budi kita. Sebab hal ini merupakan sebuah rahasia ilahi. Dan sifatnya sangat rahasia dan misteri.

Akhir zaman memang merupakan suatu misteri. Begitu pula dengan “saat” atau “kapan” hal itu terjadi merupakan suatu rahasia ilahi sepenuhnya. Tidak seorang pun di antara kita yang dapat mengetahuinya. Oleh karena itu, fokus hidup kita kiranya bukan pada soal “kapan” hal itu terjadi, melainkan terus-menerus menata dan memperbaiki hidup kita di hadapanNya.

Melalui bacaan Injil hari ini, Tuhan Yesus tidak sama sekali bermaksud menakut-nakuti kita. Melainkan melalui SabdaNya hari ini, Ia bermaksud menguatkan dan meneguhkan iman kita. Melalui SabdaNya hari ini, Ia menegaskan bahwa sumber penyelamatan itu berpusat pada Yesus Kristus. Dialah hakim dan sang Penyelamat yang selalu dinanti-nantikan itu.

Semoga dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu tekun untuk membina hidup rohani kita. Semoga kita selalu tekun dalam menata dan memperbaiki hidup kita di hadapanNya. Dengan demikian, apabila “saat” Anak Manusia yang adalah Yesus Kristus itu datang kembali, kita pun layak untuk “bangkit” dan “mengangkat muka” di hadapanNya, guna memperoleh penyelamatanNya.

Oleh: Pastor Ignatius F. Thomas, Pr
Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here