Mari menantikan KedatanganNya dengan penuh iman dan harapan

0
15

SapaMendunia.com– Renungan hari Minggu Adven I Tahun A
(Bacaan: Yes 2:1-5; Rm 13:11-14a; Mat 24:37-44)

Ayat Emas Menyapa: ” Sebab itu hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Mat 24:44).

Adven telah tiba kembali. Hari ini kita bersama seluruh umat Katolik di dunia merayakan hari Minggu Adven I. Kita mengawali masa Adven dengan perayaan Minggu Adven I. Lilin Adven di korona Adven pun telah dinyalakan sebagai simbol atau tanda kita mulai memasuki masa Adven. Bersamaan itu pula kita mulai memasuki tahun liturgi A.

Kata “Adven” sendiri berasal dari bahasa Latin “Adventus” yang berarti kedatangan. Pada intinya perayaan ini mengajak kita untuk menantikan kedatangan Tuhan. Kedatangan di sini dapat bermakna eskatologis, yakni kedatangan Tuhan Yesus pada akhir zaman dan bermakna perayaan kelahiran Yesus Kristus dalam perayaan Natal.

Bacaan Kitab Suci yang diperdengarkan kepada kita hari ini mengajak kita untuk selalu hidup dalam bimbingan Tuhan dan mengikuti jalanNya. Dalam bacaan pertama, nabi Yesaya menubuatkan akan datangnya Sang Mesias. Sang Mesias ini akan mengumpulkan segala suku bangsa. Ia akan membawa damai di bumi dan membawa damai bagi segala bangsa.

Oleh karena itu umat Israel dihimbau untuk menyiapkan diri dalam menyongsong Sang Mesias ini. Umat Israel diajak untuk bertobat meninggalkan perbuatan dosa dan hidup berjalan dalam terang Tuhan. Rasul Paulus dalam bacaan kedua juga menasehati hal yang kurang lebih sama. Ia mengajak jemat di Roma dan juga kita semua agar meninggalkan segala perbuatan kegelapan atau dosa dan mengenakan senjata terang. Senjata terang yang dimaksud tak lain adalah Yesus Kristus itu sendiri.

Hidup dalam Kristus merupakan cara hidup yang harus selalu kita upayakan secara terus-menerus. Hari ini melalui bacaan Injil, Tuhan Yesus mengajak kita untuk selalu menyatakan kesiapsediaan kita dalam mengikuti Dia dan menerima Dia dalam hidup kita.

Semoga masa Adven yang telah kita mulai hari ini dan yang akan kita jalani selama kurang lebih empat pekan nanti menjadi sebuah kesempatan yang tidak berlalu begitu saja. Semoga kita dapat memanfaatkan masa Adven ini, masa pertoban, dan masa penuh pengharapan ini untuk memantapkan hati dan seluruh hidup kita bagi Dia. Dengan demikian kita pun sungguh-sungguh pantas menyongsong Dia dalam hidup kita, khususnya dalam momentum perayaan Natal nanti.

Selamat merayakan hari Minggu Adven I. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Oleh: Pastor Ignatius F. Thomas, Pr
Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here