Mari siapkan jalan bagi Tuhan

0
78

SapaMendunia.com – Renungan hari Minggu Adven II Tahun A
(Yes 11:1-10; Rm 15:4-9; Mat 3:1-12)

Ayat Emas Menyapa: “Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagiNya” (Mat 3:3).

Saudara/i terkasih, saat ini kita sedang menjalani masa Adven. Minggu yang lalu, kita telah membuka masa Adven kita dengan perayaan Minggu Adven I. Dan pada hari ini, kita umat Katolik merayakan hari Minggu Adven II. Masih ada dua pekan Adven lagi, yakni Minggu Adven III dan Minggu Adven IV, sebelum kita merayakan Natal.

Foto: Pembaptisan Lalai di Gereja pusat Paroki Bonti

Pada perayaan Minggu Adven II yang kita rayakan pada hari ini, bacaan Injil secara khusus menampilkan sosok Yohanes Pembaptis. Injil memusatkan perhatian kita pada tokoh Yohanes Pembaptis. Ia merupakan salah seorang nabi. Ia juga merupakan salah satu tokoh penting dalam masa Adven, selain nabi Yesaya dan bunda Maria. Hari ini melalui bacaan Injil, Yohanes Pembaptis telah menjadi seorang inspirator bagi kita.

Foto: Suasana di dalam Gereja Stasi Kotup

Dan pada hari ini saudara/i terkasih, melalui seruannya ia mengajak kita agar menyiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan. Yohanes Pembaptis inilah yang dimaksud oleh nabi Yesaya sebagai suara orang yang berseru-seru di padang gurun dan yang meminta setiap orang supaya bertobat dan menyiapkan jalan bagi Tuhan. Dialah perintis jalan bagi kedatangan Sang Mesias. Dia tampil untuk menyiapkan jalan bagi Tuhan Yesus.

Foto: Ibu WK Paroki Bonti bersama Pastor Milly

Kata “menyiapkan jalan” dalam konteks kita saat ini dapat berarti: menyiapkan diri kita, menyiapkan hati kita, atau dengan kata lain menyiapkan seluruh hidup kita untuk menyongsong Dia, Sang Juruslamat yang kita nanti-nantikan. Oleh karena itu kita perlu membuka diri, membuka hati kita bagi kehadiranNya. Dan pada masa Adven ini juga kita diajak untuk selalu membangun sikap tobat dalam diri kita.

Foto: Anak Asrma Putri Paroki Bonti bersama Lalai

Marilah saudara/i terkasih, marilah kita mengindahkan seruan Yohanes Pembaptis hari ini kepada kita. Marilah kita memaknai masa Adven, masa penuh pengharapan ini dengan semangat penuh sukacita. Marilah kita membuka diri, menyiapkan hati kita bagi Dia. Dengan demikian kita pun sungguh-sungguh pantas menerima Dia, Sang Mesias, Sang Juruslamat, yakni Yesus Kristus dalam hidup kita.
Selamat merayakan hari Minggu Adven II. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Oleh: Pastor Ignatius F. Thomas, Pr
Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

Foto: Ibu WK Paroki Bonti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here