Tuhan Yesus memanggil, memilih, dan mengutus kita

0
4

SapaMendunia.com – Renungan Sabtu Pekan XXXIV Tahun C, Pesta St. Andreas, Rasul
(Bacaan: Rm 10:9-18; Mat 4:18-22)

Ayat Emas Menyapa: Yesus berkata kepada mereka : Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia” (Mat 4:19).

Hari ini Gereja Katolik merayakan pesta St. Andreas, Rasul. Ia merupakan salah seorang dari keduabelas murid Yesus. Ia memiliki profesi sebagai seorang nelayan. Pekerjaannya sehari-hari adalah mencari dan menangkap ikan.

Akan tetapi perjumpaannya dengan Tuhan Yesus telah mengubah arah hidupnya. Tuhan Yesus memanggil dan memilih Andreas untuk menjadi salah seorang muridNya. Andreas pun diutus untuk mewartakan kabar gembira.

Injil Matius hari ini mengisahkan kepada kita pemilihan Andreas sebagai murid Yesus. Tuhan Yesus memilih dia dan beberapa orang lainnya untuk menjadi muridNya. Mereka yang juga dipilih oleh Tuhan Yesus itu adalah Simon Petrus, kedua anak Zebedeus yakni Yakobus dan Yohanes saudaranya. Mereka semua meninggalkan pekerjaan yang sebelumnya sebagai penjala ikan dan selanjutnya beralih menjadi penjala manusia. SabdaNya hari ini: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia”.

Ajakan Tuhan Yesus kepada para muridNya tersebut juga berlaku untuk kita para pendengar saat ini. Sebab kita juga adalah murid-muridNya. Kita juga memiliki tugas yang sama, yakni menjadi penjala sesama dan pewarta kabar gembira.

Marilah kita untuk selalu tergerak hati dengan ajakan Tuhan Yesus hari ini. Marilah kita menanggapinya dengan terlibat aktif menjadi penjala sesama dan pewarta InjilNya. Dengan demikian, semakin banyak orang yang akan terpanggil untuk mengikuti Dia.

Oleh: Pastor Ignatius F. Thomas, Pr
Imam Diosesan Keuskupan Sanggau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here