USKUP SANGGAU TAHBISKAN IMAM BARU

0
163

Ribuan umat Katolik (29/5) menghadiri acara tahbisan imam Diakon Vinsensius, Pr di Paroki “Hati Kudus Tuhan Yesus” Batang Tarang, Keuskupan Sanggau. Misa tahbisan imam ini dimulai pukul 09:00 WIB. Misa diawali dengan acara penyambutan dengan menggunakan prosesi adat Dayak.

Misa tahbisan imam ini dipimpin oleh Mgr Yulius Mencuccini, CP, Uskup Keuskupan Sanggau. Turut hadir Vikjen Keuskupan, Sekretaris Keuskupan, dan puluhan imam dalam Misa tersebut.

Diakon Vinsensius, Pr adalah putra dari pasangan bapak Petrus Suntek dan ibu Maria Tjung Nyan Tho. Ia merupakan anak ke 7 dari 9 bersaudara. Diakon kelahiran 22 Januari 1990 tersebut merupakan putra asli dari Paroki Batang Tarang.

Ia memilih motto “Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya” (Yoh 10:11b). Berangkat dari motto ini, bapak Uskup dalam amanatnya menyampaikan bahwa sangat penting seorang imam menjadi gembala yang baik bagi umat yang digembalakannya. Ia harus belajar dari Yesus, Sang gembala baik dan Sang gembala sejati.

Lebih lanjut, bapak Uskup menjelaskan bahwa seorang gembala hendaknya berbau domba. Artinya sebagai seorang gembala, imam harus mengalami dan terlibat secara langsung dalam kehidupan umat. Menurut beliau, di jaman now hal tersebut tidaklah gampang. Karena itu sangat diperlukan sikap yang bijaksana dan pengudusan diri secara terus-menerus dari seorang imam.

Misa tahbisan imam Diakon Vinsensius, Pr ini berlangsung dengan meriah dan penuh khidmat. Selain dihadiri oleh puluhan imam dan umat Paroki Batang Tarang, Misa ini juga dihadiri oleh Penjabat Bupati Sanggau, Drs Moses Tabah, MSi, para pejabat Pemkab Sanggau dan Sekadau, para donatur, tokoh masyarakat, dan umat dari beberapa Paroki di Keuskupan Sanggau.

Setelah Misa selesai, acara dilanjutkan dengan ramah-tamah. Pada kesempatan ini, P. Suprianus Nong, Pr dalam sambutannya selaku Pastor Kepala Paroki “Hati Kudus Tuhan Yesus” Batang Tarang sekaligus mewakili Panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Uskup yang telah mempercayakan Paroki Batang Tarang sebagai penyelenggara acara tahbisan. Selain itu, Pastor Nong juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatur dan seluruh umat di Paroki Batang Tarang yang telah bekerja keras dan bahu-membahu dalam mensukseskan acara tahbisan imam tersebut.

Sementara itu, Drs Moses Tabah, MSi selaku penjabat Bupati Sanggau yang juga sekaligus mewakili tokoh masyarakat dan seluruh umat dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya pula kepada imam baru. Beliau berharap semoga Pastor Vinsen selalu menjadi gembala yang baik dan tetap setia pada panggilannya.

Proficiat kepada Pastor Vinsensius atas tahbisan imamnya. Semoga selalu menjadi gembala yang baik bagi umat di Keuskupan Sanggau.

Oleh: Pastor Ignatius F. Thomas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here